Update Harga Telur Ayam di Yogyakarta 2017

Harga telur ayam di Yogyakarta pada bulan puasa tahun ini cenderung stabil dan tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Telah menjadi rahasia umum jika telur ayam negeri merupakan sumber protein hewani atau lauk andalan bagi sebagian masyarakat Indonesia dari seluruh kalangan. Kandungan nutrisi yang melimpah dalam telur ayam, harganya yang terjangkau serta mudah diperoleh di berbagai tempat perbelanjaan membuat telur masih menjadi primadona sembako. Bahkan kini banyak usaha atau industri makanan seperti pembuat kue, snack atau makanan lainnya yang menggunkan telur sebagai salah satu bahan pokoknya. Hal inilah yang membuat pertumbuhan bisnis khususnya di kota pelajar Yogyakarta menjadi semakin pesat karena prospeknya yang cerah.

Daftar Telur Ayam di Yogyakarta 2017
Pada umumnya harga beberapa bahan pangan terutama sembako mengalami kenaikan di saat-saat tertentu termasuk saat memasuki bulan suci Ramadhan. Telur merupakan salah satu bahan sembako yang rawan mengalami kenaikan harga saat memasuki bulan puasa hingga saat menjelang hari raya Idul Fitri. Harga telur hari inimenjadi sebuah informasi yang selalu dicari oleh sebagian besar kalangan masyarakat. Pada saat ramadhan, telur ayam negeri tidak hanya dibutuhkan oleh kalangan rumah saja namun juga berbagai pihak seperti para pengusaha makanan dan kue. Bukan merupakan hal baru lagi jika menjelang hari raya Idul Fitri banyak sekali produsen kue-kue atau snack yang tidak terlepas dari kebutuhan telur sebagai salah satu bahan dasar pembuatan produk mereka. Idul fitri merupakan momen khas dimana akan banyak sekali snack seperti makanan ringan dan kue yang akan tersaji di meja untuk menyambut para tamu yang datang.

Pada bulan Ramadhan tahun 2017 kali ini nampaknya tidak ada lonjakan harga telur di area Yogyakarta dan sekitarnya. Harga telur masih stavildan tidak mengalami kenaikan yang siginifikan dari bulan-bulan sebelumnya. Telur banyak tersedia di pasaran seperti pasar raya tradisional, swalayan, agen atau gerai grosir telur hingga pihak peternakan telur ayam negeri secara langsung.

Informasi harga telur di Yogyakarta dapat dengan mudah diketahui melalui media ataupun melalui penjual secara langsung. Tentu saja pembelian  telur dalam jumlah besar yakni per peti akan jauh lebih terjangkau dibanding dengan pembelian telur secara eceran per kilogram. apabila terjadi kenaikan harga pada telur, terdapat beberapa hal yang menjadi dasar penyebabnya. Penyebab kenaikan harga tersebut antara lain:
-          Kenaikan harga pakan ayam petelur
Terjadinya kenaikan harga telur ayam negeri yang pertama disebabkan oleh naiknya harga pakan ayam petelur di pasaran. Tentu saja apabila terjadi kenaikan harga pakan ayam petelur, dapat diartikan akan terjadi kenaikan modal para peternak ayam petelur yang menghasilkan telur ayam negeri. Hal ini secara otomatis dapat menaikkan harga jual telur ayam di pasaran baik grosir maupun eceran.
-          Kenaikan BBM
Penyebab kenaikan harga telur yang selanjutnya adalah karena terjadi kenaikan bahan bakar. Bahan bakar sebagai sarana mobilitas distribusi tentu saja akan berdampak pada kenaikan harga telur ayam 1 kg atau dengan pembelian per peti di pasaran. Kenaikan BBM tidak hanya berpengaruh pada kenaikan harga telur ayam negeri saja namun juga kenaikan berbagai bahan sembako lainnya serta berbagai barang lainnya. tentu saja karena mobilitas hampir semua barang membutuhkan bahan bakar dalam pendistribsiannya. Pada umumnya, jika harga telur sudah kepalang naik, akan sulit untuk turun kembali. Kalaupun turun harga tidak akan sebanyak tatkala kenaikannya.
-          Memasuki event tertentu
Harga telur ayam negeri juga dapat naik pada saat moment atau event-event tertentu seperti bulan puasa, tahun baru atau hari-hari raya. Hal ini dikarenakan permintaan jumlah telur akan menjadi semakin tinggi.

Bagi masyarakat Yogyakarta, tidak perlu begitu khawatir dengan harga telur ayam di Yogyakarta karena meskipun memasuki bulan puasa, harganya tetap stabil dan belum mengalami kenaikan yang signifikan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.