Tips Bisnis Telur Ayam Jogja Banyak Untungnya

Telur ayam jogja memiliki harga yang cenderung sama dengan area lain di sekitar Yogyakarta. Kebutuhan masyarakat akan telur ayam negeri sangat stabil dan cenderung meningkat di bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri. Selain dijadikan lauk andalan, telur juga dipergunakan sebagai salah satu bahan produksi oleh para pengusaha atau industri kue dan makanan lainnya. Tak heran jika pertumbuhan bisnis telur ayam negeri di kota pelajar Yogyakarta semakin melesat. Selain keuntungan yang dapat diperoleh tinggi, telur ayam yang dapat bertahan dalam jangka waktu cukup lama memberikan kemudahan dalam penjualannya.

Tips Bisnis Telur Ayam Jogja Bagi Pemula
Bagi pemula yang hendak membangun bisnis telur ayam Yogyakarta, terdapat beberapa hal yang perlu dipelajari dan diketahui sebelumnya. Bisnis telur dapat dimulai dengan menjual kembali telur yang dibeli dari agen besar. Sangat disarankan untuk memilih agen besar dan berpengalaman sebagai pemasok supaya harga yang diberikan lebih terjangkau dan pilihan serta stok telur segarnya lebih banyak. Agar permulaan bisnis berjalan dengan baik, pilihlah agen telur sebagai pemasok yang menyediakan telur berkualitas. Selain itu, agen yang baik ialah yang memiliki nilai timbangan yang tepat dan stabil.

Pembelian telur ayam di agen-agen besar pada umumnya menggunakan perhitungan skala besar yakni dengan peti atau kotak khusus telur yang berisi kurang lebih 14,5 kg hingga 15 kg per petinya. Agen besar biasanya tidak melayani pembelian skala kecil atau eceran. Pilih agen yang memberikan takaran timbangan tepat. Jika terjadi kekurangan maksimal hanyalah ½ kg saja dan jangan lebih. Jadi, msialnya di peti berkapasitas 15 kg jika ditimbang dengan timbangan rumah menjadi 14,5 kg adalah paling minimal. Timbangan yang tepat akan sangat mempengaruhi proses penjualan. Sebagai pemasok telur untuk toko-toko kelontong atau dijual secara eceran, pasti penimbangan telur akan dilakukan secara per kilogram. Oleh sebab itu, jangan sampai merugi dengan memperoleh takaran timbangan pembelian yang tepat.

Saat memulai bisnis telur ayam, akan jauh lebih untung jika Anda berhasil bekerjasama dengan produsen telur ayam di Jogja secara langsung dan tidak melalui agen besar. Harga telur ayam pada peternak atau produsen telur ayam akan jauh lebih terjangkau yang dapat membuat keuntungan lebih besar. Jangan hanya memiliki satu sumber pemasok telur saja. Usahakan memiliki minimal dua sumber pemasok telur baik agen besar ataupun peternak langsung supaya jika terjadi suatu masalah dengan salah satu pemasok, masih memiliki pemasok telur lainnya sehingga bisnis tidak terhambat. Atur jadwal pengambilan telur untuk dua pemasok sebaik mungkin.Selalu utamakan kualitas telur ayam yang didistribusikan pada konsumen supaya tidak membuat konsumen kecewa. Selalu sediakan telur yang masih segar dan tidak cacat. Berikut ini adalah kriteria telur ayam negeri yang berkualitas:
-          Telur yang bagus cangkang atau kulitnya tidak mengalami keretakan sedikitpun.
-          Ciri yang kedua dapat dilihat dari tampilan cangkang atau kulit telur yang terbebas dari kotoran seperti bulu, darah atau kotoran ayam.
-          Telur memiliki berat yang normal yakni 45 sampai 50 gram setiap butirnya.  
-          Telur berbentuk standar yakni oval dan cenderung tidak membulat dengan perbandingan lebar dan panjang sekitar 2:3.
-          Warna cangkang atau kulit telur gelap dan teksturnya halus.
-          Tidak mengeluarkan suara atau gerakan saat dikoyak.
-          Tidak mengeluarkan bauk tidak sedap.

Beberapa ciri telur berkualitas di atas sangat mempengaruhi harga telur ayam di Yogyakarta yang stabil dan tidak mengalami kenaikan saat bulan puasa dan menjelang hari raya idul fitri.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai cara membangun bisnis telur ayam Jogja dan cara mengetahui kualitas telur yang baik. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.