Menguak Mitos Telur Ayam Untuk Gemuk

Telur ayam untuk gemuk badan merupakan mitos yang hingga saat ini masih berkembang ada masyarakat luas. Karena mengandung lemak serta kolesterol, oleh sebagian besar orang telur dicap sebagai bahan makanan yang dapat dijadikan sebagai penggemuk tubuh jika dikonsumsi. Bahkan anggapan lain yang juga tumbuh di lingkungan masyarakat ialah mengonsumsi telur dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dan stroke. Alasannya karena kandungan lemak dan kolesterol di dalamnya. Lalu apakah pendapat yang merupakan mitos tersbeut benar?

Telur Ayam Untuk Gemuk, Benarkah Bisa?
Banyak sekali orang yang memiliki tubuh kurus mengonsumsi telur dengan tujuan agar dapat menaikkan berat bdan atau untuk proses penggemukan badan. Hal ini sejalan dengan banyak pertanyaan serupa yakni telur bikin gemuk gak sih dari kalangan masyarakat yang juga menjadi takut mengonsumsi telur karena takut gemuk. Faktanya, telur merupakan sumber protein yang sangat kaya akan beragam nutrisi yang justru memiliki andil dalam menjaga kestabilan berat badan seseorang yang mengkonsumsinya. Jadi, anggapan mengonsumsi telur dapat menggemukkan badan tersebut hanyalah mitos yang tidak terbukti.

Kadar lemak yang terdapat dalam telur memiliki beran sendiri dalam tubuh dan tidak akan tertimbun menjadi lemak jahat yang membuat badan seseorang menjadi gemuk. Justru lemak yang terkandung di dalam telur bertugas untuk mengontrol berat badan dan menjaganya supaya tetap ideal. Namun cara pengolahan telur juga harus diperhatikan. Olahan telur paling sehat ialah dengan cara direbus hingga matang sempurna, jangan setengah matang dan jangan terlalu matang tanpa penambahan bahan lain. Rasa gurih yang dihasilkan oleh telur sangatlah cukup memenuhi selera tanpa adanya bumbu lain. Justru pengolahan telur secara tidak tepat dapat membuat lemak dalam tubuh menjadi meningkat dan menjadikan kegemukan. Pengolahan telur yang dapat berotensi menggemukkan antara lain telur digoreng dengan minyak yang mengandung kolesterol dan lemak yang berpotensi menambah berat badan.
Kandungan Telur Ayam Yang Menyehatkan
Mitos mengenai cara gemuk dengan telur dapat terbantahkan dengan beberapa fakta tentang kandungan nutrisi yang terdapat dalam telur. Beberapa kandungan nutrisi dalam telur beserta penjelasan tentang manfaatnya bagi tubuh ialah sebagai berikut:
1.      Lemak yang mudah larut dalam cairan
Lemak yang terkandung dalam telur sangat mudah larut dalam cairan yang dimiliki oleh tubuh.
2.      Kolin
Nutrisi Kolin yang terdapat dalam telur memiliki tugas untuk mengubah lemak jenuh yang terdapat pada telur menjadi enegi yang kemudian disalurkan ke seluruh organ tubuh yang membutuhkan.
3.      Kadar kalori, protein dan kolesterol
Dalam telur yang diolah dengan cara direbus, terdapat kurang lebih 80 kalori di dalamnya 6,3 gr protein serta 185 miligram kolsterol. Dari data tersebut dapat ditarik kesimpulan jika mengonsumsi telur yang diolah dengan cara yang benar yakni direbus tidaklah membuat seseorang menjadi gemuk karena asupan kalorinya hanyalah 80 kalori. Bahkan kandungan protein dalam telur tersebut justru sangat efektif berperan dalam mengendalikan berat badan orang yang mengkonsumsinya. Sehingga cara menggemukan badan dengan telur bukanlah kalimat yang tepat karena konsumsi telur justru dapat mengontrol berat badan.
4.      Berbagai mineral dan vitamin
Telur ayam negeri juga mengadung berbagai mineral dan vitamin yang dapat aktif berfungsi dalam menjaga kesehatan tubuh kosumennya. Kandungan mineral dalam telur antara lain riboflavin, thiamin, fosfor, zat besi, seng, folat dan kalisum serta beragam vitamin antara lain vitamin A, B12, D serta E yang kesemuanya berfungsi dengan baik dalam menutrisi tubuh dan menjaga kesehatan tubuh.

Demikianlah beberapa ulasan mendetail mengenai telur ayam untuk gemuk yang ternyata hanyalah mitos belaka. Konsumsi telur yang diolah secara sehat justru dapat membuat badan ideal.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.