Khasiat Telur Ayam Untuk Kacer

Telur ayam untuk kacer memang belum banyak diketahui oleh para pecintanya. Jika selama ini para pemelihara burung ocehan kacer terbisa memberi makan burung peliharaan mereka tersebut dengan ikan atau kroto, ternyata telur ayam negeri bisa digunakan sebagai pengganti menu untuk asupan burung. Selain harga yang lebih terjangkau dan lebih mudah ditemukan di berbagai tempat, kandungan gizi dalam telur juga tidak kalah bagusnya dengan kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan atau kroto yang biasanya digunakan sebagai pakan burung ocehan kacer.

Manfaat Telur Ayam Untuk Kacer
Telur ayam negeri merupakan pilihan paling tepat sebagai menu makanan burung kacer. Sama seperti ikan yang bisa jadi santapan burung ocehan kacer, telur ayam negeri juga mengandung asam lemak dan omega 3 yang cukup tinggi untuk menutrisi burung. Selain menyehatkan burung karena kandungan dua nutrisi serta berbagai nutrisi lainnya, telur ayam juga dapat memberikan rasa kenyang yang maksimal. Telur ayam buat kacer juga sangat bermanfaat untuk membuat suara atau ocehan burung menjadi lebih stabil serta tidak pecah apabila diberikan dalam jangka waktu panjang. Artinya burung telah terbiasa mengonsumsi telur ayam sebagai asupan sehari-hari.

Bagian telur ayam yang diberikan pada burung kacer sebagai asupan makanan bukanlah seluruh bagian melainkan hanya kuning telurnya saja. Hal ini dikarenakan kuning telur kandungan nutrisi jauh lebih banyak terdapat pada kuning telur termasuk asam lemak dan omega 3 yang banyak dibutuhkan oleh burung kacer dalam membantu tumbuh dan kembang organ dalam burung kacer. Pemberian kuning telur sebagai pakan burung kacer sehari-hari haruslah dibiasakan sebelum burung ocehan kacer dimasukkan dalam sangkar perjodohan. Manfaat telur ayam untuk burung kacerakan jauh lebih optimal jika diberikan sebelum perjodohan. Namun justru cenderung tdak maksimal apabila diberikan atau pembiasaan pemberian asupan kuning telur dilakukan setelah burung masuk dalam sangkar perjodohan.
Bagi Anda para pecinta burung ocehan kacer dan sudah sangat penasan dengan resep atau cara pembuatan asupan makanan dari kuning telur untuk butung kesayangan, berikut ini adalah mengenai cara pembuatan makanan burung kacer dari kuning telur:
1.      Sebisa mungkin pilih telur ayam negeri yang masih segar dan layak konsumsi.
2.   Cucilah terlebih dahulu cangkang atau kulit telur hingga bersih supaya terbebas dari segala kotoran yang menempel baik kotoran ayam, darah, bulu atau kotoran lainnya supaya telur terbebas dari kemungkinan kontaminasi bakteri.
3.      Lalu rebuslah telur hingga matang, terutama kuning telurnya harus sudah mengeras sempurna, jangan masih lembek.
4.      Setelah telur matang, angkat dan kupas telur lalu ambil bagian kuning telurnya saja.
5.      Serut atau parut bagian kuning telur tersebut dengan parutan keju.
6. Untuk tahapan awal, kroto masih diperlukan sebgai bahan pokom pembuatan makanan. Campurkan kuning telur dan kroto dengan perbandingan 1:3, jadi satu butir kuning telur yang sudah direbus dan diparut dengan 3 buah kroto segar.
7.   Berikan campuran dengan takaran tersebut selama dua hari berturut-turut. Jika burung mau mengonsumsinya maka lanjutkan pemberian campuran kuning telur dan kroto dengan pebandingan 1:1 atau sebutir kuning telur untuk satu kroto segar, berikan selama dua hari.
8.    Jika burung sudah terbiasa, kembali kurangi porsi kroto menjadi 1:3 dengan sebutir telur dan tiga buah kroto segar.
9.    Apabila burung sudah terbiasa, saatnya memberikan murni kuning telur tanpa tambahan kroto dan manfaat telur ayam untuk kacer akan segera dapat dirasakan.

Demikianlah kandungan serta cara pembuatan  makanan burung ocehan kacer yang terbuat dari kuning telur. Telur ayam untuk kacer sangatlah bermanfaat karena berbagai kandungan nutrisi yang terdapat di dalam telur khususnya bagian kuning telurnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.