Cara Menyimpan Telur Yang Baik dan Benar

Cara menyimpan telur yang baik perlu dilakukan  jika membeli telur dalam jumlah banyak sekaligus. Telur menjadi pilihan utama masyarakat sebagai lauk sumber protein karena mudah diperoleh, harga terjangkau serta kandungan nutrisinya yang bergizi. Biasanya pembelian telur dilakukan dalam jumlah banyak sekaligus guna persediaan di rumah. Memang tidak jadi masalah karena telur merupakan sumber protein hewani yang dapat bertahan dalam kurun waktu cukup lama.meskipun demikian, cara penyimpanan yang tepat harus dilakukan untuk menjaga kandungan nutrisi yang ada di dalam telur. Jika salah dalam menyimpannya, justru kerusakan telurlah yang akan diperoleh dan telur tidak akan memiliki kandungan gizi yang sama.

Beberapa Cara Menyimpan Telur Yang Baik
Agar telur dapat terjaga kelayakan konsumsi dan keawetannya, perlu dilakukan penyimpanan yang tepat. Bagi yang belum tahu dan penasaran tentang cara menyimpan telur yang benar, berikut adalah uraiannya:
1.      Membeli telur segar dan utuh
Pada saat membeli telur, pastikan jika telur ayam negeri tersebut masih dalam keadaan segar atau baru dan masih utuh, cangkang tidak retak. Jika pembelian dilakukan di supermarket, maka Anda dapat mengecek tanggal kadaluwarsa yang tertera pada kemasan telur. namun jika pembelian dilakukan di warung atau pasar yang tidak dilengkapi dengan tanggal kadaluwarsa, sebaiknya penyimpanan telur dilakukan tidak lebih dari satu bulan. Setelah satu bulan biasanya telur sudah mulai rusak dan sudah tidak layak konsumsi.
2.      Membersihkan kotoran yang menempel pada cangkang atau kulit telur
Banyak yang bertanya berapa lama telur bertahan dalam penyimpanan suhu ruang, jawabannya ialah tergantung teknik penyimpanan yang dilakukan. Jika penyimpanan telur dilakukan dengan benar, maka telur tersebut dapat bertahan lebih lama. Seperti cara kedua penyimpanan telur yakni membersihkan cangkang atau kulit telur dari berbagai kotoran yang menempel. Biasanya kotoran yang menempel pada cangkang adalah kotoran ayam petelur ataupun darah. Kotoran yang menempel tersebut mengandung bakteri yang dapat mengontaminasi dan mempengaruhi kualitas telur. Tidak hanya itu, jika disimpan pada kulkas, maka bakteri juga dapat mengkontaminasi bahan makanan lainnya. Oleh karena itu, bersihkan dengan cairan disinfektan atau dapat dicuci dengan air hingga bersih. Setelah itu keringkan dengan kain kering barulah siap untuk disimpan.
3.      Menyimpan telur dalam karton
Seteleh cangkang atau kulit dibersihkan dan telah dikeringkan, langkah selanjutnya ialah menyimpannya ke dalam tray khusus yang sengaja dipersiapkan di dalam lemari pendingin atau karton. Peletakkan telur ke dalam tray atau karton ini merupakan salah satu cara menyimpan telur agar tahan lama. Dengan demikian, telur akan terhindar dari kerusakan cangkang yang disebabkan oleh benturan. Selain alasan tersebut, tray juga dapat membantu telur memperoleh sirkulasi udara dengan baik serta dapat menyerap lembab yang dapat membuat telur bertahan lebih lama. Biasakan gunakan telur menurut waktu pembeliannya. Jadi gunakan lebih dulu telur yang lama sampai yang paling baru. Untuk mempermudah dalam mengetahuinya, Anda dapat menempel atau menuliskan tanggal pembelian supaya lebih mudah untuk diingat.

4.      Jangan menyimpan telur pada pintu kulkas
Memang sudah menjadi rahasia umum jika telur disimpan pada pintu lemari pendingin yang memang telah menyediakan tempat atau rak khusus telur. Namun ternyata telur justru akan lebih awet dan tahan lama jika disimpan di dalam kulkas dan bukan di pintu kulkas. Mengapa? Karena suhu yang diperoleh jika disimpan di dalam lemari pendingin akan jauh lebih maksimal dalam membuat telur bertahan lebih lama. Suhu di bawah 20 derajat juga dapat membebaskan telur dari berbagai bakteri berbahaya yang mengganggu kualitas nutrisinya.

Demikianlah beberapa ulasan mendetail tentang cara menyimpan telur yang baik yang dapat dilakukan dengan mudah. Jika telur ayam dapat betahan lebih lama karena penyimpanan yang benar, maka tak pelu khawatir untuk stok telur di rumah.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.