Bolehkah Konsumsi Telur Ayam Untuk Ibu Hamil Muda?

Telur ayam untuk ibu hamil muda memang banyak menjadi pertanyaan apakah boleh atau tidak. Telur merupakan bahan lauk hewani yang mengandung banyak nutrisi lainnya. Sebagai bahan makanan, telur sangatlah mudah diperoleh dan mudah diolah menjadi beragam masakan yang sangat praktis. Inilah mengapa hingga kini telur banyak dipilih oleh seluruh masyarakat dari berbagai lapisan dan selalu menemani menu makanan sehari-hari. Bahkan ibu hamil pun menjadikan telur sebagai hidangan lauk yang sering dikonsumsi dalam asupan sehari-hari. Lantas apakah konsumsi telur ayam boleh dilakukan oleh ibu hamil setiap hari?

Ternyata Telur Ayam Untuk Ibu Hamil Muda Diperbolehkan Dengan Beberapa Syarat
Bolehkah ibu hamil makan telur ayam merupakan pertanyaan banyak orang yang ingin mengetahui keamanan konsumsi telur ayam negeri setiap hari oleh para ibu hamil, khususnya hamil muda. Seperti yang telah diketahui, selain mengandung berbagai nutrisi seperti protein, vitamin a, vitamin B12, vitamin D, vitamin E, colin, fosfor, mineral, asam folat, dan omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, telur ayam juga memiliki kandungan lemak jenuh serta kolesterol di dalamnya. Seorang ibu hamil sangatlah rawan dengan kadar lemak dan kolesterol di dalam tubuhnya karena jika terlalu tinggi dapat memicu timbulnya berbagai penyakit seperti hipertensi dan masih banyak lagi yang akan memberikan dampak negatif tidak hanya bagi sang ibu namun juga bagi buah hati yang ada di dalam perut.

Konsumsi telur setiap hari sah atau boleh saja dilakukan oleh para ibu yang sedang mengandung khususnya yang usia kandungannya masih muda untuk mncukupi kebutuhan nutrisi. Namun dengan catatan dapat mengatur dan mengontrol asupan makanan lain yang mengandung lemak jenuh serta kolesterol. Bagi ibu hamil dengan kadar kolesterol dan lemak dalam tubuh yang normal, konsumsi 1 hingga 2 butir telur tiap hari tidaklah menjadi  asalkan diolah dengan sehat. Yang paling direkomendasikan ialah diolah dangan cara direbus tanpa tambahan bumbu atau bahan apapun. Hal ini dikarenakan manfaat telur rebus untuk ibu hamil yang sangat baik. Namun jika mempunyai riwayat kolesterol tinggi, konsumsi telur dan sumber kolesterol lainnya haruslah dibatasi. Maksimal 3 atau 4 kali saja dalam satu minggu, itupun sebaiknya telur diolah tanpa minyak atau direbus. Jika kadar kolesterol sangat tinggi namun ingin mengonsumsi telur, konsumsilah bagian putih telurnya saja dan hindari kuning telur ayam. Kandungan lemak dan kolesterol paling tinggi berada di bagian kuning telur ayam negeri.

Manfaat Telur Ayam Bagi Ibu Hamil dan Buah Hati
Telur yang diolah dengan cara direbus dan dikonsumsi dengan porsi yang tepat justru memberikan banyak sekali manfaat bagi ibu hamil dan bayinya. Berikut ini adalah manfaat telur bagi ibu hamil muda serta bayi dalam kandungannya:
-        Protein dapat mendukung dan memaksimalkan pembentukan plasenta serta mendukung kesehatan bayi dan pertumbuhan sel-sel dalam tubuh bayi.
-    Memberikan asupan kalori dengan takaran yang pas bagi sang ibu hamil yang daat dijadikan sebagai sumber tenaga.
-     Kandungan 12 macam vitamin beserta colin di dalam telur ayam dapat mengoptimalkan setiap tahapan tumbuh kembang bayi dalam kandungan serta mendukung tumbuh kembang dan fungsi otak.
Dengan mengontrol asupan dan takaran konsumsi telur ayam untuk ibu hamil muda, maka tidak akan ada masalah dengan kadar kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol yang tetap terkontrol tidak mengganggu kesehatan ibu dan buah hati dalam kandungan.


Menguak Rahasia dan Manfaat  Telur Ayam

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.